Wednesday, September 12, 2007

Ramadhan telah datang (mempelajari hadist2 tentang Ramadhan)

Gak kerasa Alhamdulillah Bulan Mulia Ramadhan telah tiba..

Nah untuk menyambutnya mari kita pelajari lagi hal2 tentang ramadhan.

Ibadah2 didalamnya, keutamaannya, larangan2, dsb.

Biasanya nih, yang kita pake untuk mempelajari kembali itu kan Ayat-ayat Al-Quran dan Hadist...Nah kalau Al-Quran sudah dijamin kebenarannya (Oleh Yang Berkata) ... namun tidak demikian dengan hadist2.

Ada juga hadist2 yang bisa saja tidak benar atau kurang benar. Karena hadist itu kan diturunkan dari generasi ke generasi, dari ulama hadist yang satu ke ulama hadist yang lain, jadi walaupun untuk jadi ulama hadist itu syaratnya berat, masih ada juga kemungkinan kealpaan mereka, atau kurangnya kredibilitas ulama hadist tersebut yang menyebabkan hadistnya kurang dapat dipercaya.

Dan ternyata dari hadist yang bermasalah ini, ada yang sudah sangat populer atau bahkan sudah kita hapal di dalam kepala (kalau hapal luar kepala = LUPA dong ^_^).

Misal : "Makan setelah lapar, berhenti sebelum kenyang","Ramadhan sepertiga pertama adalah...sepertiga ke 2 adalah..., sepertiga ke 3 adalah..", "Seandainya umatku tahu keutamaan ramadhan...... setahun seluruhnya ramadhan"

Coba deh cek hadist2 yang biasa kita denger itu bisa dipertanggungjawabkan atau gak di sini...(blognya bang Syaikh ^_^)

InsyaAllah disitu juga dicantumkan, kenapa hadist itu jadi lemah, atau kurang baik..


Semoga kita bisa mengisi ramadhan ini dengan maksimal...

2 comments:

syaikhul muqorrobin said...

kirain bung Sukma (dipanggil apa nih di rumah? hehe) merangkum hadits2 tentang ramadhan..

ramadhan mubarak, bro! :D

Purwanoto Sukma said...

hehehehhe... wah belum bisa tub bang.... Mudah2an suatu saat nanti bisa yah.. (atau setidaknya ketemu buku yang bagus yang merangkum hadist2 tersebut)