Sunday, February 21, 2010

Seri Mencari Rumah : Dana

Pada saat mencari rumah di Jepang, salah satu yang paling membuat sakit kepala adalah dana yang diperlukan. Di jepang ada ungkapan “orang miskin pindahan” yang menggambarkan bagaimana pindahan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Terutama biaya uang muka penyewaan rumah yang bisa sampai lebih dari 5 kali lipat biaya bulanan.

Mari kita lihat apa dan mengapa dana pindahan di Jepang bisa jadi begitu mahal

1.    Shikikin
Shikikin bisa diartikan sebagai uang deposit dari penyewa kepada pemilik rumah. Biasanya besarnya sekitar 0, 1, 2 kali harga sewa bulanan. Sebagaimana uang deposit dalan urusan sewa menyewa lainnya, shikikin ini pada prinsipnya akan dikembalikan kepada sang penyewa saat akan pindah dari rumah tersebut. Namun kebanyakan, jumlah shikikin yang dikembalikan akan dikurangi terlebih dahulu dengan biaya perbaikan rumah untuk mengembalikan rumah seperti keadaan awal sebelum disewakan.

2.    Reikin
Reikin berarti uang terima kasih dari penyewa kepada pemilik rumah. Biasanya besarnya sekitar 0, 1, 2 kali harga sewa bulanan. Tidak seperti shikikin, karena reikin adalah “ungkapan rasa terimakasih” maka dana ini tidak akan kembali pada saat pindahan.

3.    Biaya bulan pertama
Ini adalah biaya sewa rumah di bulan pada saat kita pindahan. Biasanya besarnya biaya ini dihitung perjumlah hari yang tersisa di bulan tersebut saat kita pindahan. Misal : harga sewa : 30 ribu yen, pindahan sejak 11 november, berarti kita cukup membayar sisa hari (20 hari) * biaya perhari (1000 yen) = 20 ribu yen. Namun ada kemungkinan juga apabila kita pindahan pada pertengahan bulanan, maka kita harus membayar saat itu juga biasa sewa penuh untuk bulan berikutnya. Misal pada contoh sebelumnya, maka kita harus membayar juga biaya bulan desember.

4.    Biaya Fudosan
Biaya ini adalah untuk membayar jasa Fudosan. Besarnya adalah sekitar 0.5, 1 kali harga sewa bulanan. Perbedaan biaya ini sepenuhnya tergantung dari Fudosan yang kita gunakan. Misal : Apaman Shop = biaya 1 bulan, Able = biaya 0.5 bulan.

5.    Asuransi kebakaran
Sekitar 20 ribu yen untuk 2 tahun (berbeda tergantung jenis asuransi). Biasanya asuransi ini juga mencakup tanggungan biaya kerusakan lain selain kebakaran, seperti : rumah kecurian, rusaknya perabot rumah karena atap rumah yang bocor, dsb. Jenis asuransi dan perusahaan asuransi yang digunakan ditentukan sebelumnya oleh pemilik rumah atau pihak fudosan. Apabila kita masih tinggal di rumah tersebut setelah masa kontrak habis, maka kita harus membayar lagi jumlah yang sama untuk memperpanjang kontrak. Sebaliknya jika kita sudah pindah sebelum masa kontrak habis, maka kita berhak untuk mendapatkan kembali biaya premi yang tersisa.

6.    Perusahaan penjamin
Biaya ini untuk menbayar jasa perusahaan penjamin. Biasanya besarnya sekitar 0.5 kali biaya sewa bulanan (untuk 2 tahun). Di Jepang, apabila seseorang hendak menyewa rumah, dia diwajibkan untuk mencantumkan nama orang yang bersedia untuk menanggung kewajiban pembayaran apabila sang penyewa tidak menepati kewajiban tersebut. Salah satu syarat bagi penjamin ini adalah berbeda anggaran rumah tangga dengan sang penyewa (jadi istri, atau anak tidak bisa). Selain itu memiliki kewarganegaraan Jepang juga menjadi salah satu syarat. Oleh karena itu untuk kita yang orang asing, yang sulit mencari penjamin, dapat menggunakan jasa perusahaan penjamin ini.

7.    Lain – lain :
①    Biaya pembersihan rumah
Biaya ini digunakan untuk membersihkan dan mensterilisasi rumah sebelum ditempati. Biasanya besarnya berkisar antara 0 sampai 0.5 kali biaya sewa bulanan (tergantung dari kebijakan pemilik rumah). Rumah yang sudah lama tidak ditempati tentunya akan menjadi kotor. Oleh karena itu biaya ini biasanya digunakan untuk membersihkan rumah, melakukan pembasmian serangga, mensterilisasi toilet, kamar mandi dan wastafel.

②    Memperbaharui kontrak
Tergantung dari jenis kontraknya, ada juga biaya memperpanjang kontrak. Biasanya sebesar 0, 1, 2 kali biaya sewa bulanan. Kontrak sewa rumah di Jepang biasanya memiliki jangka waktu 2 tahun. Selepas masa itu kita harus memperpanjang kontrak apabila kita ingin tetap tinggal di rumah tersebut. Biaya ini dibayarkan kepada pemilik rumah. Kita bisa menganggap biaya ini sebagai ganti reikin yang bisa pemilik rumah dapatkan apabila mendapatkan penyewa baru. Apabila kita pandai bernegosiasi, pada saat memperpanjang kontrak ini, kita bisa meminta pemilik rumah untuk mengadakan perbaikan rumah, atau mengurangi biaya sewa perbulan.

③    Dana pindahan
Jumlah biaya ini sangat beraneka ragam, bisa dibawah 10 ribu yen, atau sampia 100 ribu yen. Jumlah ini tergantung dari apakah kita pindahan menggunakan jasa pindahan, atau hanya menyewa mobil, seberapa banyak barang kita, seberapa jauh jarak pindahan kita, dsb. Untuk selengkapnya mungkin akan saya tulis dalam seri berikutnya.

④    Biaya perbaikan rumah lama
Dalam banyak kasus, dana ini akan langsung dipotong dari shikikin yang sudah kita bayarkan pada awal penyewaan. Namun apabila kerusakan rumah diluar kewajaran, tidak menutup kemungkinan dibutuhkan juga biaya tambahan.

Biaya rumah yang saya sebut diatas bukan merupakan harga mati, tergantung dari cara kita bernegosiasi, harga sewa per bulan, besarnya shikikin (berapa bulan), reikin dsb masih bisa berkurang. Terutama kalau kita bisa ketemu dengan fudosan yang baik, mereka akan coba bernegosiasi dengan sang pemilik rumah. Oh iya, seluruh biaya ini dibayarkan pada saat kita menandatangani kontrak dengan pihak fudosan.

Sekarang mari kita coba angkat satu contoh.Kita menemukan rumah dengan harga sewa rumah 70 ribu, shikikin dan reikin masing2 satu bulan. Kontrak dimulai tanggal 21 bulan november, yang berarti kita juga harus membayar biaya 1 bulan selanjutnya. Menggunakan fudosan yang biaya jasanya setengah bulan. Plus biaya asuransi 20 ribu yen, biaya perusahaan penjamin setengah bulan, Biaya pembersihan rumah 15 ribu yen. Jadi berapa total yang harus kita bayar pada saat menandatangani kontrak ?

Biaya sewa rumah bulan november (10 hari)   : 23.333 yen
Biaya sewa rumah bulan desember (1 bulan)  : 70.000 yen
Shikikin                                                       : 70.000 yen
Reikin                                                         : 70.000 yen
Jasa Fudosan + Pajak pembelian 5 %           : 38.375 yen
Biaya Asuransi                                            : 20.000 yen
Biaya perusahaan penjamin                          : 35.000 yen
Biaya pembersihan rumah                            : 15.000 yen
-------------------------------------------------------------------------------- +
Total biaya                                                 : 341.708 yen

Berdasarkan perhitungan diatas, dalam kasus ini total biaya yang perlu kita bayarkan adalah sekitar 350 ribu yen. Biaya ini belum termasuk biaya untuk pindahan dsb.

Jadi memang untuk pindahan dibutuhkan dana yang tidak sedikit. So, apakah anda siap untuk pindahan ?

No comments: