Friday, September 02, 2011

Maju terus Indonesiaku (1) : Pelayanan Alfamart

Saat belanja susu segar yang kadaluarsanya tinggal 10 hari (yang memang susu segar di Jepang-pun tidak pernah lebih dari 2 minggu) di Alfamart Pekayon :

Pelayan A :
(di kasir, kepada pelayan 2 sambil mengamati tanggal kadaluarsa susu) B coba cariin yang kadaluarsanya lebih panjang dari ini dong. Tinggal 10 hari nih.
(kepadaku ) Bapak, maaf tunggu sebentar yah, kami carikan yang kadaluarsanya lebih panjang.
Pelayan B : (setelah mencari di lemari pendingin) Gak ada A!! Semuanya tanggal 10 September.
Pelayan A : (kepadaku) Maaf bapak semuanya tanggal 10 September nih. Kalau dirumah nanti rasanya sudah berubah, bawa saja kembali bersama resip pembelian kepada kami walaupun sudah dibuka. Akan kami ganti
Aku : Gak apa mbak, anak ini minumnya cepet kok.. sehari juga bisa habis. Terima kasih.

Peningkatan pelayanan yang sangat memuaskan... Maju Terus Indonesia-ku !!

2 comments:

Purwanoto Sukma said...

Yoo, maju teruuuss..!!

-Ully-

Kita dayo said...

Jadi inget , barukemarin saya misuh-misuh sama staff Gramedia PIM.
Kan kita beli kertas lipet 2 jenis, buku gambar 1 (belanjaan ibu2 beranak toddler hahah), ternyata si mba2 kasir salah pipip harga kertas lipetnya 2 kali sehingga kita ter-charge lebih mahal 6000 rupiahan.

10 tahun di Jepang membuat jiwa obahan saya keluar dan minta staff nya untuk di proses dan dioperlah saya ke staff customer service. Setelah menunggu 10 menit sang staff berkata "Maaf bu, disini tidak ada sistem refund, kami tidak bisa mengembalikan kelebihan pembayaran ibu, tapi ibu bisa menukar dengan barang yang seharga sama, atau yang lebih mahal dan membayar lagi selisih nya"

Eng ing engg... langsung saja sang obahan terbelalak kaget dan bertanya "Lah pak, kalo saya beli kamus elektronik atau buku luar yang harganya ratusan ribu, trus kasir salah pipip jadi dua kali, saya juga harus bayar semuanya tuh?"
Dan sang staff muda berusaha melobi si obahan "Kami mengerti bu.. tapi sistem kami masih belum bisa memberi fasilitas refund"

Akhirnya suami obahan ikutan shitsukoi dengan alasan demi memperbaiki kualitas pelayanan perusahaan anak bangsa (dakke?) "Pak, saya tidak usah dapat refund tidak apa2, tapi saya mau bicara dengan manager atau staff dengan posisi lebih tinggi. Ini Gramedia loh toko besar, masa begini saja tidak bisa diproses dengan fair?"

Akhirnya sang staff memanggil supervisor nya, dan sang supervisor bilang dengan santai ke staff nya "Ya sudah di refund saja"

Ohemji, dari tadi kenapa... Akhirnya barulah kami menerima sisa 6000 rupiah sajah, dan bisa tersenyum puas bak pahlawan.