Tuesday, February 09, 2010

Seri Mencari Rumah : Fudosan

Setelah kita menentukan rumah seperti apa yang kita inginkan dan membuat daftar prioritas rumah idaman (baca Seri Mencari Rumah : Memilih Rumah), sekarang kita harus memastikan kalau rumah idaman kita benar-benar ada. Ada beberapa cara untuk melakukan ini : bertanya kepada teman dan kenalan apakah ada rumah kosong dengan syarat yang kita inginkan disekitar mereka, atau bagi mahasiswa bisa pergi ke bagian administrasi universitas untuk mencari informasi. Tapi tentu saja informasi yang bisa kita dapatkan dengan cara tersebut sangat terbatas. Nah, inilah saatnya kita pergi ke Fudosan gyosha (agen real estate).

 Selanjutnya dalam tulisan ini, saya akan memakai kata Fudosan (yang dalam bahasa Jepang sebenarnya hanya berarti ”real properti”) dalam pengertian agen real properti.

Perlu saya ingatkan, mulai dari tahapan pergi ke Fudosan ini keberadaan kita sebagai ”orang asing” di Jepang akan terasa. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan tahapan yang perlu kita lalui, yang berbeda dengan orang Jepang sebagai pribumi. Secara subjektif mungkin kita dapat mengatakan inilah salah satu bentuk prejudis terhadap orang asing yang masih dimiliki oleh masyarakat Jepang. Namun kalau kita mau berusaha bersikap objektif, perbedaan ini dikarenakan adanya perbedaan budaya, perbedaan bahasa yang tentunya sangat berpengaruh pada hubungan kita dengan tetangga dan tentunya pemilik rumah.

Fudosan
Di Jepang, Fudosan akan sangat mudah kita jumpai. Hampir di setiap stasiun Fudosan selalu ”bertengger” dan siap membantu proses pencarian rumah kita. Biasanya Fudosan bisa dibedakan dengan toko lainnya dengan melihat banyaknya kertas informasi rumah yang tertempel pada jendelanya. Jadi apabila anda melihat ada toko dengan banyak kertas HVS bergambar layout rumah, kemungkinan toko itu adalah Fudosan, bukan toko yang pemiliknya tidak mau membeli korden, dan menutupnya dengan kertas.

A. Pilih Fudosan besar
 Cara yang mudah untuk menentukan Fudosan besar adalah cari Fudosan yang memiliki beberapa cabang, atau pernah kita lihat namanya di iklan TV. Saran ini bukan dikarenakan saya mendukung sistem monopoli, dan hanya mau berbelanja di toko yang besar. Namun ada beberapa alasan setidaknya sebagai berikut:

1. Kita adalah orang asing.
Seperti saya katakan diawal, kita sebagai orang asing berbeda dengan orang Jepang. Pilihan rumah yang bisa kita dapat jauh lebih sedikit dari orang Jepang. Oleh karena itu, Fudosan yang memiliki persediaan informasi perumahan untuk orang asing juga terbatas. Ada beberapa kasus (yang saya ketahui) orang asing langsung ditolak oleh Fudosan begitu memasuki pintu toko. Tapi kemungkinan ini lebih kecil apabila kita mendatangi Fudosan yang besar. Fudosan besar juga lebih terbiasa melayani orang asing, sehingga mereka lebih mengerti tentang kebutuhan kita. ”Kau tahu yang kumau” lah..

2. Lebih terpercaya
Fudosan yang besar juga lebih terpercaya. Karena dalam pemilihan dan kontrak rumah, menyangkut jumlah uang yang tidak sedikit, serta hal-hal lain yang bisa menjadi sumber masalah. Fudosan besar yang sudah memiliki beberapa cabang bisa menjadi satu ciri bahwa perusahaan tersebut bisa dipercaya. Walaupun ini juga bukan jaminan mutlak.

3. Networking dan bahasa
Perusahaan besar bisa juga berarti networking yang baik, dan tentu saja informasi rumahnya lebih banyak. Plus, ada kemungkinan juga pegawainya bisa berbahasa Inggris (bagi kita yang belum terbiasa dengan bahasa Jepang).

Beberapa contoh Fudosan besar (yang pernah saya gunakan) adalah :
* Able (eiburu)
Logo : Tulisan katakana (エイブル:eiburu) berwarna hijau
Ciri khas : Biaya servis yang murah (0.5 * harga sewa rumah satu bulan). Banyak memiliki informasi rumah murah
* Mini Mini
Logo : Tulisan romawi (minimini) berwarna merah
Ciri khas : Sama dengan Able dalam hal biaya servis dan rumah murah.
* Apaman Shop
Logo : Tulisan katakana (アパマンショップ) berwarna biru
    Ciri khas : Biaya servis agak lebih mahal (1 * harga sewa rumah satu bulan). Pilihan rumah yang dimiliki lebih terseleksi dengan baik (kualitas lebih bagus).

B.    Pilih Fudosan di stasiun terdekat
Datangi Fudosan di stasiun utama daerah rumah yang anda cari. Dengan demikian pilihan rumah yang ditawarkan akan lebih banyak. Karena walaupun networking fudosan itu baik, dan informasi sebuah rumah bisa juga didapatkan pada fudosan di stasiun lain, namun setiap fudosan memiliki ”daerah kekuasaan” masing2, dan mereka memiliki kecenderungan untuk menawarkan rumah hanya di ”daerah kekuasan”nya sendiri. Selain itu mereka (fudosan di stasiun terdekat) juga lebih mengerti detail keadaan di daerah bersangkutan. Jadi ”lebih tahu yang kumau”..^_^

Satu lagi, Fudosan di stasiun terdekat akan mempercepat proses pencarian rumah. Pada saat mencari rumah di Fudosan, selain mencari informasi di atas kertas, kita juga akan dibawa untuk mendatangi beberapa rumah pilihan dan melihat langsung keadaan rumah-rumah tersebut. Memastikan apakah informasi tertulis seusai dengan keadaan sebenarnya. Pada saat itu, biasanya pihak fudosan akan mengantarkan dengan mobil ke rumah tersebut. Jadi, jarak dekat dengan rumah pilihan, akan mempersingkat waktu perjalanan yang dibutuhkan  

C.    Datangi beberapa Fudosan
Hampir sama dengan alasan sebelumnya diatas, setiap Fudosan akan menawarkan rumah yang berada dibawah manajemennya. Oleh karena itu, dengan mendatangi beberapa fudosan kita bisa mendapatkan second opinion.

D.    Cek di Internet
Saat ini hampir setiap Fudosan besar memiliki situs web. Disana kita bisa mencari terlebih dahulu informasi rumah dengan syarat yang kita inginkan. Keuntungannya :
1. Kita bisa mengetahui apakah syarat rumah yang kita tentukan masuk akal.
2. Kita bisa tahu Fudosan mana yang memiliki informasi lebih banyak dan perlu kita datangi langsung.
3. Mempercepat proses pencarian di Fudosan. Karena kita sudah memiliki beberapa calon rumah, sebelum datang langsung.

Sayangnya sampai saat ini situs web Fudosan ini masih hanya dalam bahasa Jepang.

Yang perlu diingat, tidak setiap rumah yang kita dapatkan informasinya di Internet masih tersedia untuk kita sewa. Karena tidak sedikit Fudosan yang memasang informasi rumah yang sudah laku, hanya untuk memancing konsumen. Oleh karena itu pada saat melihat informasi rumah di internet, pastikan informasi tersebut masih up to date.

Beberapa website fudosan besar :
http://www.able.co.jp/
http://www.apamanshop.com/
http://minimini.jp/

E.    Janjian
Menelepon pihak Fudosan, dan janjian terlebih dahulu adalah satu hal yang sangat penting. Terutama apabila kita mau mengefektifkan waktu. Karena dengan ini, pihak Fudosan bisa mempersiapkan informasi rumah yang kita butuhkan, dan juga bisa memastikan kepada pemilik rumah apakah rumah tersebut boleh ditinggali oleh orang asing atau tidak (ini penting juga untuk menghindarikan kita dari penolakan secara langsung oleh pemilik rumah)

No comments: