Wednesday, May 03, 2006

How to be an adult (kedua)

Loha ... !!

Setelah lama tak bersua.. kali ini gw mau nulis lagi apa yang gw pelajari akhir2 ini.. salah satu cara untuk menjadi lebih dewasa... (agar lebih jelas lihat HTBAA (perdana))

3. Dewasa berarti meniatkan semua tindakan karena Allah..
Hehehe... kesannya klise kan yah..? padahal gak semudah itu loh untuk mengerti hal ini. Ini terbukti pada Sukma, diri saya (gaya iklan epilepsi jaman dulu). Pokoknya intinya gw butuh serangkaian aksi dan reaski (apa coba ^_^) untuk mengerti bahwa "apapun yang tidak diniatkan karena Allah, dengan kata lain apapun yang diniatkan karena selain Allah, Niscaya.. InsyaAllah hanya akan membawa kekecewaan dan penyesalan."

Kenapa ? susah jelasinnya.. yang jelas, apakah itu namanya Riya, atau itu namanya Syirik kecil, atau itu namanya pamrih.. gak akan membawa kebaikan.. (Hehehe.. kenapa yang keluar kata2 klise gini yah).. Ini gak cuman dalam ibadah, dalam hal2 se-hari2, makan, tidur, main, belajar (?), ngobrol

Pokoknya begitu lah.. dan menurut gw mau ada ustadz yang ngomongin kayak apa juga, mau udah berkali2 denger kata2 tersebut dari guru, dari ortu, dari sahabat.. kalo gak pernah ngalamin sendiri.. Kayaknya susah deh untuk mengerti.

Dan Alhamdulillah, walaupun kayaknya gw masih belum bisa menghilangkan sepenuhnya, setidaknya gw sudah pernah sadar lah.. kalau "gak Ikhlas itu gak membawa kebaikan".

Misal kita membantu orang tua kita, bersopan santun kepada mereka, sebenernya dibelakang situ kan ada niat pada Allah.. Allah menyuruh kita untuk berbuat baik pada orang tua kita maka kita berbuat baik pada mereka. Mungkin dibelakang itu ada juga niat kita karena kita sayang pada mereka.. tapi gw rasa itu aja tidak cukup kalau tidak dibarengi dengan niat pada Allah tadi. (Hwaaah serasa ustadz gw >_<)

Kalau kita hanya membantu orang tua, bersopan santun pada mereka karena mengharapkan pujian.. Niscaya suatu saat kita akan menyesal. (Kayaknya sih.. sok teu banget yah gw)

Sekali lagi, yang gw tulis disini adalah yang gw rasakan, dan "menurut gw" jadi ada banget kemungkinan untuk salah. ^_^

Yosh.. mata ichidan to otona ni narou
(Terjemahan bebas : Yosh, ayo jadi tambah dewasa sedikit lagi)

3 comments:

Anonymous said...

dewasa berarti meniatkan semua tindakan karena Allah?..wah pengertian dewasa yang hebaat..=)

Unknown said...

Yah.. semoga gak hanya bisa menjadi sebuah pemikiran.. tetapi bisa menjadi sebuah kenyataan ^_^

Budhi Harto said...

Gue tertarik baca artikel lo yg judul "How to be an adult" ini suk, gue jadi inget sebuah kalimat "Menjadi Tua itu merupakan suatu kepastian tapi, Menjadi Dewasa itu adalah sebuah Pilihan" Semoga kita menjadi org yg Dewasa ya Suk! hehe..^_*