Monday, April 17, 2006

Main2 ke Health Center



Untuk persiapan Medical Check-Up Tahunan, besok (Selasa 18 April 2006), Hari ini gw ke Health Center Kampus buat ngambil peralatan yang dibagikan untuk ngambil sampel urin. Peralatan itu terdiri dari Gelas Kertas, Botol plastik Kecil mirip pipet (spoit) , plastik untuk bungkus botol, label Nama, dan Formulir kesehatan.

Jadi nanti gw kalo "pepsi di washington", disuruh nampung di gelas kertas itu, terus di masukin ke botol. Kalo udah botolnya ditutup, dikasih label nama yang sudah diisi, dan dimasukkan kedalam plastik pembungkus.

Sedangkan Formulir kesahatannya nanti diisi dengan data diri (nama, kebiasaan merokok, kebiasaan alkohol, kebiasaan olahraga) dan seluruh data2 yang diukur besok (Tinggi, Berat Badan, Pandangan, Tekanan Darah, Hasil pemeriksaan badan oleh dokter, Nomor rontgen) kemudian dikumpulkan bersamaan dengan sampel urin.

Nah pas lagi ngambil barang-barang yang tadi, gw liat ada beberapa mahasiswa main2 dengan peralatan mirip timbangan yang canggih di dalam health center. Hehehe.. seperti layaknya mahasiswa-mahasiswa tersebut.. gw juga iseng2 ah make timbangan itu.

Ternyata timbangan itu bukan cuman bisa ngukur berat-badan, tapi juga bisa ngukur prosentase lemak, kadar minimal asupan kalori perhari, dll.

Jadi bentuk timbangannya itu.. kayak.... itu lo yang sering kita liat kalo petinju2 ngukur berat badan.. nah tapi dibagian meterannya ada kayak touch panel sekaligus monitor gitu. Terus dipinggir2 monitor itu ada alat kayak buat pegangan yang sebagian terbuat dari logam (bentuknya mirip alat pegangan di mesin2 game tinju di Timezone).

Nah cara makenya itu kita harus telanjang kaki, dan naik keatas timbangan (ngepasin kaki kita, diatas cetakan kaki dari logam). Terus kita masukkin data tinggi badan, usia, dan jenis kelamin kita. Sesudah itu kita pegang alat pegangan tadi, sambil pencet start. And dalam 30 detik.. si alat itu akan mengirimkan impuls2 listrik dari tangan ke kaki kita dan sebaliknya untuk mengukur impedasi. Nanti dari data2 impedasi itu akan diterjemahkan kedalam data2 fisik yang bisa kita mengerti. Terus dicetak kedalam selembar kertas mirip bukti pembayaran di toko2.. (gambar atas).

Nah berikut ini data2 fisik gw sekarang...
Data yang gw masukin :
Jenis Kelamin : Laki-laki
Usia : 21 tahun
Tinggi Badan : 170 cm (setelah diukur, ternyata tinggi gw sekitar 169.3 cm)

Data yang didapat:
Berat Badan : 72.8 Kg (Cowok dengan tinggi badan se-gw rata-rata 63.6 Kg)
Prosentase Lemak : 19.7 % (normalnya antara 11.0 % - 21.9 %)
Jumlah Lemak : 14.3 Kg (normalnya antara 7.2 Kg - 16.4 Kg)
Jumlah Minimal Asupan Kalori yang dibutuhkan (perhari) : 1698 Kcal (normal)
Level Kandungan Lemak Organ Dalam : 8 (normal)
Kandungan Otot perbagian tubuh :
Kaki Kanan : +1 (normal)
Kaki Kiri : +1 (normal)
Tangan Kanan : +1 (normal)
Tangan Kiri : 0 (normal)

kalau dilihat dari data diatas, walaupun memang berat gw agak jauh melebihi berat badan rata2 cowok dengan tinggi badan se- gw, tapi data-data lain masih dalam batasan normal. ^_^
Alhamdulillah...

Tapi ada yang aneh..
Kalau kita lihat kandungan otot perbagian tubuh... tangan dan kaki gw.. 2 2 nya normal. Cuman.. kalau kita lihat data kandungan otot "dibagian inti" tubuh gw.. keluarnya +2 (berlebih).. HAAAAAAH !!!

Berarti bisa kita simpulkan kelebihan otot tersebut, bukan pada tangan dan kaki.. lalu..? yaaa benar.. pada perut gw yang Radial ini.. hehehehe.. kalo orang lain mah pada perutnya 6 pack.. gw masih one whole pack ..hwahahaha.. >_< (ketawa sedih)

Mana tertulisnya pada "bagian inti" itu..kandungan lemaknya 7 Kg lagi (hwaaaah.. jadi disinilah letak kelebihan berat gw !! di "tas pinggang" gw)

Hwaaaaah harus dikurangi nih.. Bisa lah.. bisa.. ayo wanto Semangat !!!

hehehe

1 comment:

Anonymous said...

hihihihihih.."bagian inti" yah..denger tuh kata Happy..ayo olahraga p(^_^)q ..hehehe..