Saturday, November 05, 2005

How to be an adult (perdana)

Loha... !!

Dulu pernah baca buku cerita bergambar anak2, yang ukurannya sekitar setengah kertas A4 ? yang nanti disetiap akhir buku pasti ada tulisan "moral : bla ..bla...bla..." ?
Kadang kan moralnya itu gak terlalu nyambung tuh ama ceritanya. Malah kadang itu bukan moral.. bahkan lebih kearah a-moral (bukan "sebuah moral" tapi "moral yang tidak baik").^_^ Cuman karena mungkin penerbitnya merasa itu yang ditangkap dari ceritanya.. jadi itu yang ditulis. Kalo orang lain mungkin gak nulis hal itu.

Naaahh...mulai dari hari ini, gw pengen coba nulis hal2 yang menurut gw diperlukan untuk menjadi dewasa. Mungkin bisa berisi tingkah laku yang terlihat maupun tidak. Hal-hal ini mungkin gak terlalu penting, tapi yang jelas ini yang gw tangkep dari kisah pengalaman gw...


Ok untuk edisi perdana gw akan coba tulis beberapa :
1. Dewasa berarti bisa menentukan prioritas.
Yang mana yang penting, yang mana yang tidak. Kalo semuanya penting, yang mana yang paling penting. Kalo semuanya gak penting, berarti cari yang mana yang lebih penting.
2. Dewasa berarti bertahan pada kata-kata yang sudah diucapkan.
Tentunya disini bertahan pada kata-kata yang lebih kearah opini, pendapat, pilihan dsb yang tidak punya jawaban yang paling benar. Kalo udah jelas kata-katanya berisi fakta atau hal-hal yang salah ya harus minta maap, dan diperbaiki.

Ijyou desu.. kira2 itu
Sampai jumpa dilain kesempatan.

3 comments:

Anonymous said...

ooo.. buku yang ada banyak seri itu ya? iya2 inget. Dulu pas SD terobsesi gitu ama tu buku, gambarnya bagus2 si. hehehe apalagi ada yang judulnya "Anne si Rambut Merah", gembira banget pas bisa beli seri yang itu. hehehe..

-Anne-

Unknown said...

iya yang itu.. yang gw inget sih judulnya "Bangau dan Rubah" kalau gak salah..

Fanny said...

assalamualaikum wr wb..
waduh, baru nemu blog nya mas wanto nih..hehehe..

masih inget aku ndak? accel 04 yang dulu pernah dikasih 'sumbangan' soal2 monbusho via email itu loh..:)

maen2 ke blog aku ya, mas..

wassalamualaikum wr wb..