Thursday, May 03, 2007

Mental Berbicara

Pertandingan second leg SemiFinal UEFA Champions League antara MU-Milan kalau menurut gw membuktikan kalau sepak bola bukan hanya ditentukan oleh Skill. Tapi juga Luck dan Mental.

Hampir seluruh penggemar sepakbola di Dunia mungkin sudah membayangkan akan menyaksikan all Premier League's Final di Athena. Tapi ternyata yang terjadi adalah pengulangan Final 2 tahun lalu, dimana 2 klub yang terbanyak menyabet gelar jawara Eropa dari Inggris dan Italia lah yang akan berlaga.

Dihadapan pendukung fanatiknya di Stadium Keramat,San Siro Milan, Kaka,Gattuso, Seedorf, Gilardino, Nesta,Dida dan kawan-kawan membuktikan kalau mereka pantas berada di Final
UEFA Champions League. Kemenangan 3-0 melawan tim yang diatas kertas jauh lebih unggul materi pemain, bukan sesuatu yang kebetulan.

Mungkin memang dewi fortuna (kalau mengutip kata2 Bung Roni Patinasarani) sedang berpihak ke Milan. Tapi karena Luck itu tidak terukur, jadi kayaknya sulit untuk dibicarakan.

Menurut gw, kemenangan Milan itu adalah kemenangan Mental. Dimana pemain-pemain milan yang cukup senior, dan punya jam terbang yang tinggi di liga champions (Dida,Nesta,Seedorf,Pirlo, Gattuso, Inzaghi) plus bermain di kandang sendiri, berada diatas angin kalau dibandingkan dengan pemain-pemain MU yang rata-rata masih muda (Rooney, Ronaldo) or belum terlalu sering berlaga di liga champions (Brown,Carrick). Sehingga perasaan "gw bisa menang", or "gw gak mungkin kalah" dari pemain milan membuat mereka bisa mengeluarkan kemampuannya dengan optimal.

Well gw emang belum liat pertandingannya sih (secara baru nanti malem bakal ditayangin siaran tundanya di TV sini). Tapi setidaknya itu hasil analasis ke-sok tahu-an gw. Hehehe maaf2 kalau ada yang kurang suka... tapi gw gak peduli.. AC Milan MENANG !!!!!!!!!!!!!

1 comment:

Anonymous said...

hahaha.. sasuga pecinta bola, begadang jam 4 ya demibola?
:D