Sunday, February 05, 2006

Sebuah perenungan : balada tangan dan pisau

Sakit, sedih dan kecewa adalah bagian dari kehidupan manusia. Bagi mereka yang hidup dan masih bernapas di bumi Allah ini.. InsyaAllah akan pernah merasakan 3 bersaudara penderitaan ini.
Dan kalau sedang mengalami hal ini.. apalagi di hati, orang akan berusaha dengan berbagai cara untuk meringankan beban yang diakibatkannya.

Salah satu cara yang mungkin efektif untuk meringankannya adalah..(kalau meminjam kata2 teman gw) "kita berteman dengan Sakit itu sendiri" atau "be friend with pain".. "or make pain as your friend" kalo dalam bahasa jawanya. Hmmm.. mungkin kalo dibilang gini doang pada "roaming" alias "gak mudheng" yah? berarti kita sama dong ^_^. Waktu pertama kali dikasih tau ama teman gw.. gw sama sekali gak ngerti.. "HAH??!!"って感じ.

Tapi kemudian temen gw memberikan penjelasan yang cukup sederhana.. yang gw bisa ngerti. Begini nih kira2

Temen : lo kedapur deh
Temen: ambil piso...n coba goresin ke tangan lo sampe ada darah dikit keluar..jgn gede2 lukanya, tar mlh repot
gw: haha
gw: sekarang lo ngajarin gw jadi psikopat..
Temen: hahaha....
Temen: bkn2
Temen: gini filsafatnya
Temen: pas lo berdarah..lo ga nyalahin tangan lo yg terlalu lemah ngadepin piso kan?
Temen: datte1), tgn lo sendiri jg yg megang piso
Temen: dan lo g bisa bandingin piso ma tangan (kulit) lo...
gw: haha
gw: sodane2)
Temen: pas luka...how its feel? tangan lo krg kuat?
Temen: chigau..3)
Temen: but lukanya bikin lo kefokus..ga booo tto4) shiteru..
Temen: seolah terhenyak dr lamunan..
Temen: manfaatin...
Temen: jgn dibiarin n mushi5)..ntar borokan..
Temen: tyuka6), lo jg msh butuh piso buat masak...kl megang piso aja g berani lg..lo masak apa?

ket
1) abisnya
2) iya yah
3) bukan begitu..
4) bengong
5) gak peduli
6) selain itu, lagian..

Nah begitu lah sekelumit perbincangan gw dengan temen gw.. ngerti gak hikmah dari filosofi temen gw ini..? yah kalo gw sih nangkepnya gini..

1> Sakit, kecewa, sedih itu kan pasti terjadi.. dan kalau hati lo lagi ngerasain hal2 itu jangan pernah lo nyalahin diri lo sendiri.. kenapa..? karena hati kita memang dibikin untuk bisa sakit kecewa dan sedih.. sebagai mana tangan dibikin sebagai indera peraba. Dan karena hati kita masih dalam keadaan baik kita bisa merasakan. Coba kalo ada orang yang gak pernah sakit hati, kecewa dan sedih.. berarti hatinya kan yang gak beres ?

2> Kalo lo lagi sakit, kecewa, dan sedih.. jangan menyalahkan sebab2 yang menjadikan lo begitu.. kenapa..? karena penyebab2 itu memang sudah pada dasarnya ada beserta dengan sifat-sifatnya. Seperti pisau yang sifatnya tajam.
Dan sebagaimana pisau bermanfaat untuk memasak, sebenarnya penyebab itu ada dan bermanfaat juga bagi kita.. Cuman memang pada saat kita ngegoresin tangan kita dengan pisau itu.. pada kondisi saat itu.. kita jadi merasa sakit. Tapi itu bukan berarti pisau nya yang jelek kan..? malah sebaliknya oleh karena pisau nya tajam (yang menandakan pisaunya bagus) maka tangan kita sakit..

kalau kita goresin pisaunya.. dan tangan kita gak sakit.. berarti pisaunya gak beres.. atau lebih parah lagi tangan kita yang gak beres..

3> Kalo kita sudah merasakan sedih, sakit dan kecewa.. Jangan pernah berhenti untuk merasa. Karena kalau kita gak merasa, kita juga tidak akan pernah bahagia dan tertawa. Seperti halnya kalau kita berhenti memegang pisau.. kita mungkin tidak akan pernah tergores lagi.. tapi kita juga tidak akan pernah bisa masak sendiri lagi.. (kecuali kalo masaknya cuman indomie goreng, atau telur .. hehe)

4> Dan saat kita udah bisa berteman dengan rasa sakit, kecewa, dan sedih itu.. kita bisa merasakan manfaatnya.. kita jadi gak bengong.. kita sadar.. sakit.. dan perasaan itu bisa kita manfaatin

Jadi gitchu.. so buat yang sedang bertemu dengan 3 bersaudara penderitaan.. jangan sia siakan kesempatan ini (bukan gw ngajak untuk motong tangan loh yah..). Kenalan dengan mereka.. jadikan mereka teman mu.. dengan begitu.. kau akan merasa lebih ringan.. Karena rasa sakit tidak akan mengecewakanmu.

1 comment:

Anonymous said...

自分の痛み悲しみとは誰にもわからないもの
苦しみはどんな人にでも同じようにある事
だから人は傷つく事でちゃんと磨かれていくの
そして人の苦労や寂しさをわかってあげれる人になるの by Lokahi Laninya deftech
*smile*
n juga jadi inget suci sekeping hatinya saujana..
Sekeping hati dibawa berlari
Jauh melalui jalanan sepi
Jalan kebenaran indah terbentang
Di depan matamu para pejuang

Tapi jalan kebenaran
Tak akan selamanya sunyi
Ada ujian yang datang melanda
Ada perangkap menunggu mangsa

Akan kuatkah kaki yang melangkah
Bila disapa duri yang menanti
Akan kaburkah mata yang meratap
Pada debu yang pastikan hinggap

Mengharap senang dalam berjuang
Bagai merindu rembulan di tengah siang
Jalannya tak seindah sentuhan mata
Pangkalnya jauh hujungnya belum tiba
---