Monday, October 31, 2005

Keajaiban Ramadhan ??

Today (31 Oktober 2005) mungkin akan jadi salah satu hari yang gw inget seumur hidup. 大げさかもしれないけど, tapi setidaknya itu yang gw rasakan. Setidaknya jadi satu hari yang tidak ingin gw lupakan seumur hidup.

Dari akhir minggu yang lalu.. gw berjuang untuk mengejar ketinggalan bacaan Al-Quran gw selama bulan Ramadhan ini. Dan karena kebetulan juga lagi libur, 10 malam terakhir だし, yah kenapa gak sekalian aja gw itikaf di masjid (--atau mungkin tepatnya pindah tidur di masjid.. (^_^)v)

Dari hari minggu tanggal 30 Oktober pukul 11 malam.. gw untuk pertama kalinya menginap di Masjid Jami' Tokyo. Biasanya memang di Masjid Tokyo gak bisa Itikaf, tapi karena kemaren itu malam tanggal 27 Ramadhan, dan untuk beberapa saudara kita.. mereka yakin kalau tanggal segitulah Malam Lailatul Qadar. Dan buat gw, walaupun gak yakin kalo pasti malam itu lailatul qadar.. tapi gak ada salahnya dong "nembak" kemungkinan. Lagian malam ganjil だし. Hari ini (senin) walaupun ada 授業 penting (実験) tapi mulainya baru jam 13.00 だし..行こうかなと思って。

Singkat cerita menginap lah gw di Masjid Tokyo sampai subuh. Keluar dari Masjid jam 5.00 sama Ayok (partner hidup gw.. hehe).. dan kita sama2 menuju rumah. Nyampe di rumah sekitar jam 6.30 gw sedikit beres-beres (maklum lah kamarnya bujangan, cowok, dan males lagi.. tau kan berantakannya kayak apa).. dan karena agak ngantuk.. tidur lah gw dari jam 8.00 kurang.

Tidur kali ini gw ngerasanya gak terlalu ngantuk.. だってdi Masjid juga.. sempet tidur だし, dan badan juga gak terlalu だるいだし、 jadi setelah ngeset weker handphone dari jam 11 sampai jam 11.30 berangkat lah gw kepembaringan.

Biasanya gw dalam keadaan sengantuk itu (red : tidak terlalu ngantuk) paling2 tidur 4 - 5 jam.
So kalo tidur jam 8.. paling jam 12 atau jam 13 juga kebangun. So dengan masang weker segitu aja cukupだろう、寝坊しても jam 13 kurang juga bangunだろう。

Perlu diketahui.. pelajaran 情報実験(praktikum komputer) ini, buat mahasiswa di jurusan gw itu pelajaran PUEEEENNNNNTTTTTIIINGGGG PUOOOLLL. 必修(mata kuliah wajib) で、yang bimbing itu langsung profesor-profesor penting dari jurusan gw lagih.. Jadi sampe anak yang biasanya males dateng ke kampus pun.. untuk pelajaran ini dibela-belain dateng tepat waktu. Pelajaran ini terdiri dari 4 SKS. Dalam satu semester terdiri dari 4 mata praktikum, setiap mata praktikum terdiri dari 7 pertemuan. Dan mata praktikum ini dipilih oleh mahasiswa itu sendiri. Dan pembagiannya nanti tergantung dari pilihan kita, dan juga berdasarkan nilai kita pada praktikum semester sebelumnya.

Ok balik lagi kecerita awal..
So setelah tidur dengan nyaman..pas gw melek.. tiba2 udah jam 15.00 kurang lima menit. Gw kaget bukan main.. Ya Allah.. abis deh gw.. emang sih pelajarannya dari jam 13.00 sampe jam 16.10 tapi kan udah telat 2 jam.. gimana dong..? udah gitu hari ini kebetulan.. pas lagi pergantian mata praktikum baru lagi.. so biasanya ada orientasi kan.. udah gitu.. profesor untuk mata praktikum ini termasuk yang rajin ngabsen lagi.. wah gw udah semerawut dah.

Dalam pikiran gw.. gw bingung.. kenapa gw bisa ketiduran segini lama.. dari jam 8.00 pagi ampe 15.00.. padahal gak terlalu ngantuk.. lagian itu tidurnya nyenyak banget lagi (gak kebangun2).. gak kedengeran suara weker ..dan rasanya nikmat banget.

Gw udah ngebayangin deh.. ntar muncul di ruang praktikum telat 2 jam lebih, diliatin orang, dimarahin ama profesornya di depan orang2.. gw udah bingung, mau alasan apa.. alasan "ketiduran".. masak ketiduran sampe telat 2 jam.. lagian ini kan pelajaran siang2 bukan pagi.. lagian ngapain juga tidur pagi kan pasti ditanya.. kalo bohong, ini bulan puasa, kalo ngomong jujur karena itikaf.. nanti nama Islam jadi jelek lagih... wah puyeng..
Ato kemungkinan terburuk gw jadi gak boleh ikut mata praktikum ini lagi, yang berarti gw gak lulus praktikum komputer.. yang berarti gw gak dapet sks dari mata kuliah wajib, yang berarti gw gak bisa lulus tepat waktu dong.. yang berarti .. yang berarti.. waaaah... >_<

Gw langsung berpikir apa yah salah gw sampe Allah gak membangunkan gw tepat waktu. Soalnya gw kalau dapet cobaan,ujian atau musibah (apa lah namanya), biasanya gw coba hubungkan dengan kesalahan gw di masa silam, yang kira2 bisa menjadi sebab gw di coba hal tersebut. Atau ini yang namanya ujian Ramadhan..

Datte gw kan tidur pagi kan karena berusaha mendekatkan diri pada-Nya. Jadi InsyaAllah pasti ujian ini bukan karena tidur terlalu pagi.. dan gw langsung kebayang dosa2 gw yang lalu.. waaahh.. (Waktu itu gw sama sekali gak menyalah kan DIA ..). Gw terus berpikir.. apa kira2 hikmah dibalik ini semua

Udah deh akhirnya gw mengayuh sepeda gw dengan pasrah. Apa yang terjadi terjadi lah.. toh semua hal yang terjadi di dunia ini udah ada Yang Ngatur kan..?

Sampe dikampus.. dengan setengah panik gw masuk ke ruang praktikum.. gw cari profesor itu.. gw keliling di ruang praktikum.. semua lagi pada serius praktek dengan mata praktikum masing2.. cari profesor itu ..jg gak keliatan..

とりあえず、gw cari 先生 itu ke ruangannya.. nanti minta maaf aja deh di ruangannya... minta keringanan.. dikurangin juga gak apa lah nilainya.. asal jangan gak lulus.

Sampe keruangan 先生 itu.. Alhamdulillah dia ada didalam ruangan. Gw udah lumayan kenal 先生 ini soalnya udah 3 kali ngambil mata kuliahnya..(ada 2 mata kuliah.. yang satu ngambil 2 kali soalnya ^_^). Dia ngeliat gw, langsung keluar dari ruangannya.. gw langsung ngomong..
gw : 先生申し訳ございません、寝坊しちゃったので遅れてきました。 Sensei maap, saya kesiangan jadi telat.. (dengan tampang dibuat capek dan memelas.. ) 
先生: えっ、何が? ee.. apanya ?
gw : 実験の方なんです . itu loh praktikum
先生: 今日、ないよ. hari ini kan gak ada
gw : えっ。。どういうことですか hah..? maksudnya..?
先生:昨日、メールで知らせたよ。 kemaren, udah saya kasih tau lewat email
gw: ああ、まだメール見てないんです。aa.. saya belum ngecek email.
先生:そうなんですよ、今日は実験ない。 iya.. hari ini gak ada praktikum
gw : ああそうんですか。oo gitu yah
先生:(笑)ちょうどよかったね。(ketawa).. wah pas banget yah (pas gak ada praktikum.. pas ketiduran)
gw : よかったー(ほっとしました)。 wah untung aja (tampang lega...)
gw : ありがとうございました。失礼します terimakasih, mari ..

GILAAAA... gw lega banget.. Ya Allah ... ALhamdulillah...

Setelah agak jauh dari ruangan prof itu.. gw langsung sujud syukur... Ya Allah Alhamdulillah...

Gw langsung mikir ini lah keajaiban Ramadhan.. gimana enggak..

Coba bayangin.. dari 8 mata praktikum yang ada pada hari ini.. cuman mata praktikum gw yang libur. Udah gitu sensei ini gak termasuk sensei yang suka bolos lagi. Dan kenapa gw kebetulan 寝坊した pada hari ini..? Kenapa juga 先生 nya begitu baik pada saat gw dateng ke ruangannya (sampe ikut tertawa..). Wah pokoknya gw bersyukur banget.

Akhir nya gw kembali ke ruang praktikum.. sambil didepan komputer gw mikir kejadian yang ada pada hari ini...

Bayangkan penentuan pilihan mata praktikum, kan udah dari lama.. Dari sejak awal bulan Agustus. Sedangkan kejadian ini pada bulan Oktober akhir..lagian gw gak tau kalau gw bakal telat di hari pertama praktikum pada mata praktikum ke 2. Dan hanya Allah lah.. Yang Maha Mengetahui.. Yang Maha Menentukan.. yang bisa mengeset "いたずら” macam ini. Yang begitu rapih.. begitu terencana dari lama. Allah kan pasti tahu segala sesuatu. Bagaimana Allah mengeset pilihan mata praktikum gw.. Bagaimana Allah mengeset kalo Sensei nya meliburkan pada hari ini.. Bagaimana Allah mengeset supaya semalem gw bisa bermalam di Masjid.. Bagaimana gw ketiduran, bagaimana gw .. bagaimana...

Mungkin hari ini Allah mau memberikan istirahat ama gw.. sebuah tidur yang nikmat (7 jam). Sekalian mau mengingatkan gw.. bahwa begitu banyak dosa gw... sekaligus mengingatkan gw kalau Dia Maha Mengetahui, Maha Penyayang, Maha Kuasa, Maha segala galanya.. sekaligus mengingatkan gw untuk bersyukur.

Ya Allah.. Alhamdulillah.. MasyaAllah.. semua yang terjadi di dunia ini adalah karena kehendakMu... Alhamdulillah ....

2 comments:

Anonymous said...

hehehe...makanya Suk, kalau nggak mau telat, tidur di ruang praktikumnya aja. pasti ntar ada yang bangunin deh..
Ganbatte ne di sisa Ramadhannya..

bintang said...

yokatta ne.. lagi nunggu pesawat pulangke rumah. kemaren gue seharian jalan2 di KL, i mean, jalan like in its literal meaning.

selamat idul fitri ya, mohon maaf lahr batin.