Wednesday, October 26, 2005

ライフの選択

Saat ini gw lagi ada di ruang komputer kampus. Sebenernya sih masih jam pelajaran (実験), tapi karena 先生nya udah pergi, dan udah ngasih tugas akhir untuk 実験 ini .. dari 1 jam terakhir gw habiskan untuk membaca blog seorang teman yang 正直、 inspirasional.. dan membuat gw kembali berpikir tentang suatu hal.

Iya "KEMBALI" berpikir.. karena memang hal ini yang gw pikirkan sekitar 6 bulan terakhir ini, balik ke tanah air pun.. dikelilingi keluarga dan makanan enak pu.. kembali ke tanah pertempuran pun.. dikelilingi sahabat dan masakan ala kombini pun.. hal ini 度々 muncul di tepi otak gw.

Dalam sebuah film yang dibintangi oleh seorang alumni SMU gw.. tentang seorang aktivis mahasiswa di tahun 50-60 an.. sang aktivis di akhir film menulis sebuah puisi untuk kekasihnya.. (letterlek nya sih lupa gimana.. tapi kira2 nuance nya kayak gini..)
"Ada orang yang menghabiskan hidupnya berziarah ke Mekkah, Ada orang yang menhabiskan hidupnya berkeliling dunia... #disingkat#, Tapi aku ingin menghabiskan waktu ku disampingmu kekasih ku.." Puisi ini begitu mengena.. partly karena emang gw suka kata2 yang romantis.. tapi gak cuman itu

Gak tau apa karena gw udah masuk umur 20 an.. dan tiba2 sama 周り dianggap dewasa..sedangkan gw masih kaget dengan perlakuan "dewasa" yang penuh dengan pilihan ini.. atau hanya sekedar karena akhir-akhir ini sering melamun. Setidaknay setengah tahun terakhir.. gw disadarkan pada begitu banyaknya pilihan dalam hidup.

Memang Tuhan yang layak disembah itu cuman satu, Agama yang Benar itu cuman satu, jalan yang benar, tujuan yang hakiki itu cuman satu.. Tapi menuju kesanapun begitu banyak pilihan. Mau sholat malam segera setelah sholat Isya karena berhati2.. atau sholat di akhir malam karena mengejar keutamaan ? Pada saat bepergian, mau membatalkan puasa karena mengikuti sunnah nabi.. atau mau diteruskan..? Mau jadi ahli hadist..? Hafizh..? atau ahli dalam ilmu wajib kifayah..? atau gabungan semuanya..?

Dalam hal lain pun banyak pilihan. Mau makan es krim Haggen Daze yang harganya 253 en.. atau mau nahan nafsu untuk diet..? Mau mandi sekarang biar enak tidurnya.. atau mandi besok pagi biar seger ? Mau ngebuzz "dia" di Messenger.. atau mau gangguin thedeathknight aja..? banyaak pilihan.

Belum lagi masalah sekolah.. Mau masuk pelajaran jam pertama.. atau nerusin tidur ? mau masuk jurusan yang mana..? mau langsung kerja setelah lulus S1, atau mau lanjut S2 ?

Huah begitu banyak pilihan..
Selama ini gw kira, hidup seseorang itu tinggal ikut aja. Ada jalan hidup yang paling benar.. yang bisa diikuti dan pasti bisa jadi yang terbaik.. ada jalan hidup yang semua orang yang ngelihat pasti ngiri.. dan mengakui kalau orang yang mengikuti dan berhasil di jalan itu .. adalah yang paling hebat. Pilihan itu ada hanya sebagai pemanis... sedangkan makanan utamanya hanya satu.

Ternyata gak kayak gitu.. begitu banyak orang hebat disekitar gw.. yang hebat di jalannya masing2.. dia yang begitu dikangeni sama orang di sekitarnya... dia yang onaji sedai nanoni, udah begitu hebat hapalannya.. dia yang begitu aneh dan hebat dengan keanehannya.. dia yang menikmati hidup, punya banyak teman tapi tidak tertinggal pelajarannya.. dia yang berhasil membangun komunitas, bahkan perusahaan di core competence nya... dia yang begitu tawadu yang kulihat begitu mudah menangis apabila mendengar ayat Kekasihnya disebut... dia yang bisa begitu selfish tapi cantik dan sekaligus menarik hatiku dengan kepribadiannya... dia yang tadinya anak cengeng, tapi bisa tumbuh menjadi mahasiswa yang punya banyak teman, dan menikmati kampusnya ...dia.. dia.. dia.. begitu banyak orang hebat.. begitu banyak parameter untuk bisa jadi hebat.. terus aku harus jadi yang mana..?

kaget.. yah itu yang kerasa.. tapi sekaligus sadar.. gw belum menemukan jalan gw untuk bisa jadi hebat.. belum menemukan.. arah.. gw mau kemana..? belum bisa menentukan pilihan.. bahkan mungkin pilihan gw belum terlihat..
tapi gak hanya itu.. gw juga sekaligus deg-degan.. penasaran.. excited.. yang mana yah pilihan gw.. 楽しみ

Hehe.. mungkin lo2 pada pikir gw bego.. 6 bulan mikirin hal kayak gini doangan..(aduh masih kebawa logat bekasi). but これは俺だ !!

2 comments:

bintang said...

era twenty something ini emang yang paling menarik! at least itu pendapat gue yang lagi bergelut dengannya. dan fase yang elo jejaki sekarang pun pernah dan mungkin akan gue alami lagi. kagok, melamun, bingung,... semuanya adalah mata kuliah wajib dalam universitas dua puluhan. btw, kunci jawaban buat ujian mata kuliah bingung memilih adalah bersyukur. karena kita beruntung, punya banyak pilihan!

Anonymous said...

gak.. elo gak bego kok mikirin hal kayak gituan. kadang, gw juga gitu kok. "chikai shourai nani wo shiyou kana" toka.. terkadang suka iri jg sama orang yg punya satu hal yg dia senengin, punya satu hal yg dia impikan. mgkn gak nyambung ama yg elo tulis kali yah.
well, nikmati aja bro. itulah hidup di era twenty something (pinjam istilah bung bintang)